Minggu, 23 Januari 2011

Kucing dan Tikus Belajar Deteksi Ranjau

Kucing dan Tikus Belajar Deteksi Ranjau
BOGOTA, RABU - Siapa bilang Tom dan Jerry tidak bisa berkawan? Seekor kucing di Kolombia justru membantu tikus-tikus di sana makin pintar mengendus ranjau darat yang banyak ditanam para pemberontak sayap kiri. Bagaimana caranya?

Selama setahun terakhir, polisi khusus di Kolombia memasukkan seekor kucing dan tikus-tikus ke dalam satu kandang. Hal tersebut diharapkan dapat melatih tikus lebih handal mengendus ranjau darat. Di kandang tersebut tikus-tikus tersebut tidak akan terluka karena cakar-cakar kucing yang tajam dibungkus untuk sementara.

"Menjadikan hewa-hewan pengerat ini berhadapan langsung dengan musuhnya akan membuatnya lebih fokus saat dilepaskan," ujar Luisa Mendez, yang melakukan penelitian tersebut. Ia mengatakan, tikus-tikus yang terlatih akan ketakutan jika berada di dekat ranjau darat.

Kolonel Javier Cifuentes, yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, mengatakan tingkat kesuksesan pendeteksian ranjau mencapai 96 persen. Selain itu, risiko meledak juga kecil sebab tidak seperti anjing, tubuh tikus lebih ringan dan tidak memicu ledakan saat berjalan di atasnya.

Tikus-tikus yang handal sangat dibutuhkan di sana sebab Kolombia merupakan salah satu negara dengan ranjau darat paling banyak. Sekitar 100 ribu ranjau darat diperkirakan masih tertanam di negara tersebut. Tahun lalu, korban ledakan ranjau darat mencapai 1.108 jiwa atau sekitar satu orang setiap delapan jam dan sekitar seperempatnya tewas.

Sumber: AP,Kompas Cyber Media





3 komentar:

  1. kittnnnass: wa,,maap,,itu cuman cerita biasa jjah kitnass,,bukan knyataan...

    BalasHapus
  2. Happy Milad Day Princess... :)
    May Allah Give U The Hidayah... ^^

    BalasHapus